Spritual Quotient and Creativity

Pribadi, sifat, kebiasaan, tingkah laku, sampai budaya, merupakan bentuk atau pola yang terbentuk dari batasan-batasan, nilai, makna, dan moral yang dipegang oleh sekelompok masyarakat.

Itu semua, terangkum sebagai “Kecerdasan Spiritual” atau biasa dikenal sebagai SQ (Spiritual Quotient), lebih tepat disebut sebagai “Kecerdasan” atau “Intelligence” daripada “Quotient”, yang mana lebih menuju kepada sebuah perhitungan, sedangkan tingkat spiritual seseorang tidak dapat diukur.

Bermula dari penemuan dari salah satu bagian penting dari kecerdasan manusia oleh Dana Zohar dan Ian Marshall, SQ, yang mana disebutkan sebagai kecerdasan paling essencial sebagai pendukung kecerdasan-kecerdasan yang lain, IQ dan EQ. Di seebut sebagai kecerdasan paling essential karena SQ merupakan dasar dari pola pikir yang berguna untuk memaknai kehidupan. SQ sangat fokus terhadap makna dan nilai yang melandasi perilaku, sifat, dan budaya.

SQ adalah kecerdasan yang berdasar pada bagian dalam diri kita yang berkolerasi dengan kearifan di luar ego atau jiwa. SQ menjadikan manusia yang utuh sepenuhnya secara intelektual, emosional dan spiritual. SQ adalah kecerdasan jiwa, yang dapat membantu manusia untuk berintrospeksi dan membangun diri menjadi pribadi yang positif.

Dalam karya Dana dan Marshall “SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan” diterangkan tahap-tahap untuk meningkatkan SQ pada diri kita, yaitu,

Pertama, menyadari di mana saya sekarang, lalu merasakan dengan kuat bahwa saya ingin berubah, kemudian merenungkan apakah pusat saya sendiri dan apakah motivasi saya yang paling dalam, setelah itu dengan menemukan dan mengatasi rintangan, menggali banyak kemungkinan untuk melangkah maju, menetapkan hati saya pada sebuah jalan, dan tetap menyadari bahwa ada banyak jalan.

Tingkat SQ yang tinggi memiliki 8 tanda, yaitu:

1. Flexibility

2. Self-awareness

3. An ability to face and use suffering

4. The ability to be inspired by a vision

5. An ability to see connections between diverse things (thinking holistically)

6. A desire and capacity to cause as little harm as possible

7. A tendency to probe and ask fundamental questions

8. An ability to work against convention

Kaitannya antara kreatif dengan SQ? sederhana tapi bermakna, dalam hal apapun terkait dengan kreativitas dan inovatif, semua berawal dari pribadi seseorang yang kuat dan mempunyai keinginan besar untuk menembus batas-batas yang ada.

Dengan meningkatnya SQ pada diri seseorang,  maka, pribadi yang kuat jelas akan tumbuh dan terbentuk, sehingga, hal apapun yang dikerjakan oleh orang tersebut berpeluang untuk tumbuh maksimal dan berujung pada kreativitas.

 

Advertisements

About goldbird1945
NIM 19008126

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: